Entri Populer

Selasa, 15 Februari 2011

KIAT PEMERINTAH COLORADO BELAJAR DARI SEKTOR SWASTA



Pada banyak pemerintahan, belum terdapat budaya pelayanan yang memadai sebagimana perusahaan professional memberikan pelayanan terhadap pelanggannya. Karena itu secara jelas Pemerintah Colorado mempunyai misi untuk “ menyediakan informasi dan layanan yang berpusat pada masyarakat sebagimana perusahaan melayani customernya”.Dengan misi meningkatkan kualitas layanan inilah inisiatif e-Government dicetuskan disana.

Karena banyak definisi tentang e-Government, Pemerintah Colorado kemudian memberikan beberapa batasan definisi, yaitu dengan e-Government pemerintah menyediakan (GOIT, 2001) :
• Akses masyarakat secara cepat terhadap pelayanan pemerintah
• Akses layanan yang fleksibel selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dari manapun seseorang berada
• Alternatif akses melalui berbagai teknologi baru kepada pemerintah tanpa meninggalkan akses tradisional yang selama ini dijalankan dan
• Sedapat mungkin menghentikan proses manual dengan proses otomatis untuk menjamin efisiensi dan efektifitas proses pelayanan

E-Government di Colorado kemudian diterjemahkan dalam target – target besar sebagai berikut :
• Meningkatkan akses dan efisiensi dalam memberikan informasi kepada masyarakat dimana website akan menjadi sarana utama, tetapi untuk masyarakat yang tidak mempunyai akses internet, perlu ada mekanisme lain dalam memberikan informasi (telephon, pusat informasi layanan pemerintah)
• Perhatian terhadap layanan informasi dan privasi seseorang dalam hubungannya dengan e-Government
• Pengelolaan terhadap alat perusahaan professional dalam berbagai sector dengan membangun model bisnis yang kuat dalam pengembangan e-Government.
• Menggunakan tehnologi untuk mengurangi biaya dan meningkatkan kualitas dalam pemberian informasi dan pelayanan public
• Transformasi pegawai negeri di Colorado melalui usaha – usaha pelatihan yang intensif dan memastikan bahwa mereka mendapatkan informasi yang memadai untuk proses pengambilan keputusan
• Memastikan tersedianya sumber biaya dan penerimaan yang mencukupi untuk pelaksanaan e_government secara keseluruhan
• Membangun kepemimpinan dan visi tentang e-Government yang kuat dan komprehensif. Visi itu kemudian diterjemahkan kedalam perencanaan strategis dan perencanaan pelaksanaanya dilapangan melalui kerjasama dengan berbagai sector, baik antar departemen pemerintah maupun dengan pihak – pihak swasta.

Visi e-Government Colorado
Untuk memberikan arah yang tepat, pemerintah Colorado mempunyai beberapa visi dan strategi pengembangan e-Government ke depan.

Pertama: Akses terhadap layanan dan Informasi
Untuk akses utama terhadap informasi dan layanan pemerintah Colorado akan disediakan oleh dua portal, yaitu Portal Internet pemerintah untuk masyarakat umum dan Portal Intranet untuk pegawai dan Staf Pemerintahan. Semua layanan akan diletakkan pada portal utama sehingga masyarakat hanya perlu mengakses portal utama. Di portal utama itu akan terdapat direktori layanan di mana masyarakat bisa memilih layanan mana yang ingin ia dapatkan.
Untuk kalangan yang tidak mempunyai akses internet, pemerintah menyediakan akses layanan melalui telephon, surat dan melalui fasilitas internet umum yang disebut sebagai Government Service Terminals yang disediakan di berbagai tempat dan fasilitas public, serta pusat informasi layanan pemerintah Colorado (Government Service Centre).

Kedua : Kebijakan dan Privacy Individu
Karena pentingnya masalah keamanan data dan privacy individu, Pemerintah Colorado mengeluarkan aturan tentang keamanan data dan penggunaan informasi yang didapatkan dari berbagai system informasi dalam program e-Government. Kebijakan ini penting untuk menjamin kepercayaan masyarakat agar mereka mau berpartisipasi dalam pengembangan e-Government.

Ketiga : Penggunaan Teknologi
Penggunaan teknologi harus mampu memberikan efisiensi dalam memberikan pelayanan, mempercepat waktu pelayanan dan mengurangi berbagai biaya yang diperlukan.
Keempat : Pengembangan Staf Pemerintah menjadi Pekerja Profesional
Seiring dengan penerapan e-Government, pegawai negeri dan staf pemerintahan secara perlahan perlu mendapatkan pelatihan yang mamadai untuk menjadi pekerja professional. Karena dengan mendapatkan akses dan informasi yang luas terhadap berbagai proses akan memudahkan bagi mereka dalam proses pengambilan keputusan.

Kelima : Masalah Biaya dan Sumber Penerimaan
Pelaksanaan e-Government membutuhkan biaya yang sangat besar terutama dalam membanguan infrastruktur dan system aplikasi. Namun kedepannya e-Government justru akan mengurangi biaya yang tidak perlu sehingga secara keseluruhan akan menguntungkan baik untuk pemerintah maupun masyarakat secara umum. Biaya yang bisa dihemat antara lain : biaya waktu pengurusan layanan, biaya tempat, biaya perjalanan, biaya pegawai yang bisa dihemat dan berbagai biaya lainnya.

Keenam : Kepemimpinan dan Kerjasama
Pelaksanaan e-Government membutuihkan tidak hanya komitmen dari pimpinan pusat, dalam hal ini Gubernur Colorado, tetapi juga integrasi dari berbagai system dan aplikasi antar departemen. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah Colorado membentuk Chief Information Ifficer (CIO) diitingkat Gubernur yang akan menjadi koordinator bagi pelaksanaan dan pembangunan system informasi pada tingkat departemen.

Ketujuh : Bertindak Selayaknya Perusahaan Profesional
Untuk membangun pemerintah Colorado menjadi pemerintahan yang kuat dan efisien, perlu mengubah paradigm pemerintahan model sekarang menjadi peradigma bisnis proses perusahaan professional. Model bisnis professional dibangun berdasarkan kemempuan perusahaan untuk membangun system informasi yang kuat yang bisa dilihat secara real time sehingga memudahkan bagi manajemen untuk proses pengambilan keputusan.

9 komentar:

  1. Visi Pem Coorado dengan Strateginya..untuk menuju E Gov yang begitu bagus..akan bisa tercapai apabila ada komitmen dan dukungan dari berbagai pihak,,kiranya bisa untuk acuan bagi Indonesia untuk menuju E Gov.....

    BalasHapus
  2. Stuju Bu Ning.... Saya juga berharap Indonesia suatu saat akan menerapkan strategi e-gov di atas.. sehingga harapannya mampu meningkatkan pelayanan publik.

    BalasHapus
  3. Tujuan dari e-Government adalah Akses masyarakat secara cepat terhadap pelayanan pemerintah, Akses layanan yang fleksibel selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dari manapun seseorang berada. maka yang perlu harus diperhatikan adalah sarana yang memudahkan masyarakat untuk mengakses.bgitu juga apabila indonesia ingin menerapkan maka perlu persiapan sarana....

    BalasHapus
  4. Setuju Bos..... bukan cuma niatan saja yach tapi bagaimana kita meningkatkan pelayanan prima dengan segala dukungan yang ada baik SDM maupun infrastrurnya yach bos

    BalasHapus
  5. Setuju boss kebumen,peningkatan pelayanan kepada masyarakat harus diutamakan demi kemajuan bersama..

    BalasHapus
  6. Betul Bos dan yakanya bukan cuma kebumen saja tapi juga daerah-daerh tetangga bos seperti juga Kabupaten Cilacap ocrehhhhh

    BalasHapus
  7. pemerintah colorado mempunyai 7 visi dan strategi pengembangan e-gov kedepan,kapan indonesia bisa seperti mereka.mestinya kita sebagai salah satu staff pemerintah berlahan tapi pasti menjadi PNS yang profesional..(sudaryanto)

    BalasHapus
  8. Pemerintah Colorado pun ternyata masih perlu memperhatikan akses tradisional dalam penerapan e-Gov. Ini tepat juga bila diterapkan di negeri tercinta ini. Implementasi e-Gov memang memerlukan tahapan (sarno)

    BalasHapus
  9. Pada banyak pemerintahan belum terdapat budaya pelayanan yang memadai sebagaimana perusahaan profesional memberikan pelayanan terhadap pelanggannya. Barangkali pemerintahan yang masih seperti itu perlu membaca http://yogikebumen.blogspot.com

    BalasHapus